Komisi Informasi Aceh Dissiminasi Informasi Publik Melalui Talkshow di Radio Djati FM

Talkshow Radio Djati FM

Banda Aceh, 10/10/2019. Komisi Informasi Aceh (KIA) yang diwakili oleh H. Hamdan Nurdin, S.Sos, M.Si, pagi hari ini menghadiri dan menjadi salah satu nara sumber pada acara talkshow di Radio Djati FM, 10,6 MHz. Narasumber lainnya adalah Jailani, S. Sos, Ketua Pelaksana Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama Kota Banda Aceh, serta Ibnu Hajar mewakili masyarakat, dimana selama ini banyak mengakses Informasi Publik pada Badan Publik Pemerintah di Aceh.

Talkshow ini digelar dalam rangka memperingati Hari Hak Tahu se-Dunia / Right to Know Day (RtKD) yang diperingati di banyak negara dengan tujuan mendorong masyarakat global menyadari hak nya dalam mengakses dan memperoleh informasi publik pada pemerintah. Di Aceh RtKD sudah mulai diperingati sejak tahun 2012 dan untuk tahun ini puncak rangkaian acara RtKD akan dilaksanakan pada Hari Minggu, tanggal 3 November 2019 di Jalan Tgk. Daud Beureueh (Car Free Day).

Dalam talkshow, Hamdan mendeskripsikan tentang gambaran umum Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik, Klasifikasi Informasi Publik, dan Tupoksi KIA sebagai Lembaga yang menyelesaikan sengketa informasi. Sementara itu, Jailani menjelaskan Tugas Pokok dan Fungsi PPID dalam Layanan Informasi publik di Badan Publik. Adapun Ibnu Hajar lebih banyak memberikan testimoni dan bercerita tentang pengalaman mengakses informasi pubik di instansi pemerintah.

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*