KIA, PPID Aceh dan MaTA Mengadakan Talkshow di Radio TOSS FM

Banda Aceh – Komisi Informasi Aceh (KIA), Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID ) Utama Aceh dan Masyarakat Transparansi Aceh (MaTA) pada hari Kamis (17/10/2019) mengisi acara Talkshow di Radio TOSS 99.30 FM, mulai pukul 11.00 – 12.00 WIB.  Topik yang dibahas terkait momentum Hari Hak Tahu se-Dunia / International Right to Know Day (RtKD) yang jatuh pada setiap tanggal 28 September. Menurut Hamdan Nurdin, Komisioner yang membidangi Edukasi, Sosialisasi, dan Advokasi KIA  bahwa tujuan memperingati RtKD  setiap tahun merupakan upaya meningkatkan awareness (kesadaran) masyarakat akan hak mereka dalam mengakses informasi dari Badan Publik dan/atau dari Penyelenggara Negara. Hak tersebut di Indoensia sudah diundangkan dalam Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP), dan untuk itu KIA dan lembaga terkait terus mengkampanyekan berbagai issu terkait keterbukaan informasi publik.

Sementara itu PPID Aceh yang diwakili oleh Asriani, S. Sos., M. Si, menyatakan implementasi Keterbukaan Informasi Publik di Lingkungan Pemerintah Aceh saat ini telah jauh melangkah ke arah yang lebih baik. Ditambah lagi dengan lahirnya Qanun Pengelolaan Keterbukaan Informasi Publik, kolaborasi dan kerjasama yang dibangun dengan berbagai lembaga dan unsur masyarakat sipil, serta perguruan tinggi membuktikan bahwa Pemerintah Aceh, sangat komitmen dan konsisten dalam upaya memperbaiki tata kelola pemetintah  untuk lebih baik, transparan dan bertanggungjawab.

MaTA yang diwakili oleh Baihaqi, menyatakan bahwa masyarakat Aceh khususnya kaum perempuan juga sudah mulai peduli pada keterbukaan informasi. Hal ini didiskripsikan pada beberapa sengketa informasi yang diajukan ke KIA beberapa saat yang lalu dari beberapa Kabupaten/Kota di Aceh. Lebih dari itu Baihaqi juga meminta KIA sehingga mempunyai nilai tawar yang tinggi dengan Pemerintah Aceh dalam upaya penyelesaian sengketa informasi, artinya bagaimana menjadikan panggilan sidang dan putusan KIA lebih dipatuhi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*