KIA Kampanye Keterbukaan Informasi Publik di Area Car Free Day

Banda Aceh 03/11/2019 – Komisi Informasi Aceh (KIA)  bekerjasama dengan  Pemerintah Kota Banda Aceh, khususnya dengan Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Diskominfotik) Banda Aceh mengadakan kampanye Hari Hak Untuk Tahu Sedunia dan Keterbukaan Informasi Publik pada hari Minggu, 3 November 2019, di area Car Free Day (CFD) Jalan Tgk. Daud Bereueh, Kuta Alam, Banda Aceh. Hari Hak Tahu Sedunia (International Right to Know Day) yang setiap tahun diperingati pada tanggal 28 September. 

          Kegiatan kampanye dilaksanakan pada pagi hari yang diawali dengan senam jantung sehat,  dilanjutkan  orasi kampanye dari Ketua Komisi Informasi Aceh, Wakil Walikota Banda Aceh, PPID Diskominfotik Banda Aceh dan PPID Utama Aceh. Dalam orasinya Ketua KIA mengajak masyarakat untuk memanfaatkan haknya untuk mengakses informasi publik dari Badan Publik dan masyarakat sudah diberikan jaminan hukum melalui Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP). Sementara itu Wakil Walikota Banda Aceh menyatakan bahwa Pemerintah Kota Banda Aceh saat ini sangat terbuka dan masyarakat dapat memohon informasi pada setiap Satuan Kerja Pemerintah Kota.

            Untuk memeriahkan acara kampanye, KIA juga mengadakan Quiz dan bagi pengunjung yang dapat menjawab pertanyaan mendapatkan hadiah.  Penanggungjawab kegiatan dari KIA, H. Hamdan Nurdin, menyatakan bahwa sudah saatnya masyarakat ditingkatkan pengetahuan dan pemahaman akan UU KIP dan mereka juga perlu didorong untuk menggunakan haknya tersebut.  Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian dari memperingati Hari Hak Untuk Tahu Sedunia (HN).

Foto kegiatan peringatan Hari Hak Untuk Tahu ( RTKD) 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*