Soal Website 39 SKPA, Komisi Informasi Aceh: Hasil Evaluasi KIA Memang Belum Mengembirakan

KIA on NEWS

BANDA ACEH-Ketua Komisi Informasi Aceh (KIA) Dr. Afrizal Tjoetra, M.Si menyebutkan website yang dimiliki Dinas/badan di pemerintahan Aceh Secara umum memang belum mengembirakan.

“Hasil evaluasi yang dilakukan KIA tahun 2017 memang belum mengembirakan,” kata Ketua KIA Aprizal Tjutra, Selasa 28 Agustus 2018 di Banda Aceh.

Namun begitu–lanjut Afrizal–Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama Aceh bersama KIA terus berupaya melakukan peningkatan layanan informasi publik sesuai ketentuan dan kebutuhan publik melalui pendampingan, konsultasi dan evaluasi secara berkelanjutan.

Terkait dengan pemberitaan media Harian Aceh Indonesia (HAI) berjudul “Memalukan, 39 SKPA Belum Miliki Website Sesuai Kriteria Informasi Publik”, Afrizal menjelaskan dirinya tidak bisa menjawab karena data metodelogi yang dipakai tidak diketahuinya.

“Saya tidak bisa menjawabnya, karena saya tidak tahu sumber penilaian dan metodelogi yang dipakai,” lanjut Afrizal Tjoetra.

Namun begitu, untuk memaksimalkan informasi publik di Dinas/Badan pemerintahan, Afrizal menyarankan kepada Gubernur Aceh melalui PPID Utama dapat memastikan pengelolaan informasi publik di SKPA/Badan melalui forum pertemuan pimpinan SKPA, pendampingan, diskusi publik, serta mendukung KIA dalam melaksanakan evaluasi badan publik.

“Secara teknis, Gubernur Aceh melalui PPID Utama sudah melakukan pembentukan Rancangan Qanun tentang Pengelolaan Keterbukaan Informasi Publik di Aceh, serta sedang menyusun Naskah Akademik tentang Sistem Informasi Aceh Terpadu (SIAT),” demikian jelas Afrizal Tjoetra. (ji)

Sumber: www.harianaceh.co.id

Leave a comment

Your email address will not be published.


*