MaTA Cabut Permohonan Informasi terhadap PA

Koordinator MaTA, Alfian, menghadiri sidang sengketa Informasi di KIA

BANDA ACEH – Badan Pekerja Masyarakat Transparansi Aceh (MaTA) selaku pemohon, akhirnya mencabut permohonan informasi terhadap Dewan Pimpinan Aceh Partai Aceh (DPA-PA) selaku termohon dalam sidang sengketa informasi di Komisi Informasi Aceh (KIA), Jumat (27/12).

Sidang itu hanya berlangsung beberapa menit. Pihak pemohon langsung menyerahkan surat resmi pencabutan permohonan terhadap DPA-PA kepada Komisioner KIA yang menyidangkan perkara ini. Usai menerima surat tersebut, pimpinan sidang Afrizal Tjoetra menutup sidang dan menyatakan sengketa informasi antara MaTA melawan PA di KIA berakhir.

Pada sidang itu, kuasa pihak termohon, Irfansyah SH tak hadir. Sedangkan pemohon, yaitu Koordinator MaTA, Alfian SH dan Abdullah hadir. Dijumpai wartawan seusai sidang, Koordinator MaTA, Alfian SH mengatakan pihaknya mencabut permohonan karena pihak termohon terlalu keberatan memberikan apa yang mereka minta. “Yaitu laporan keuangan partai, sumber dana, aliran dana, dan struktur partai yang notabenenya bukan rahasia,” sebut Alfian.

Dihubungi terpisah oleh wartawan, Kuasa PA, Irfansyah SH mengatakan permohonan MaTA itu sangat layak dicabut. Pasalnya, selain ada penulisan tahun yang salah dalam permohonan, apa yang dimohon MaTA juga sebuah informasi yang bisa diakses di Kesbangpol dan Linmas.

Seperti diketahui, sejak awal sidang ini, Kuasa PA, Irfansyah keberatan menyerahkan data yang diminta MaTA, bahkan mencurigai MaTA yang meminta data ini untuk kepentingan asing sehingga haram diberikan. Namun tudingan ini dibantah Alfian.

Menurut Alfian, informasi itu mereka perlukan untuk riset bersama teman dari ICW guna mengetahui kesiapan badan publik, terutama sembilan parpol yang memiliki kursi di DPRA, termasuk PA. Enam parpol lainnya sudah menyerahkan sepenuhnya data itu, yakni DPW PAN, Golkar, PKPI, PKS, PBB, dan Demokrat. Sedangkan PPP dan PKB sedang dalam proses. (sal)

 

Sumber: http://aceh.tribunnews.com/2013/12/29/mata-cabut-permohonan-informasi-terhadap-pa

Leave a comment

Your email address will not be published.


*