KIA: Minat Akses Informasi Publik di Aceh Meningkat

MEULABOH – Komisioner Komisi Informasi Aceh (KIA), Afrizal Tjoetra mengatakan, di Provinsi Aceh saat ini tingkat kesadaran masyarakat untuk memperoleh informasi publik semakin meningkat.

“Kita lihat dari laporan dan sengketa yang masuk ke kantor lebih banyak tahun ini dari sebelumnya,” ujarnya saat ditemui GoAceh di Meulaboh, Aceh Barat, Kamis (23/11/2017), usai kegiatan sosialisasi Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008.

Menurutnya, peningkatan minat uji akses perorangan tehadap badan publik mengalami peningkatan pada tahun 2017 sebanyak 50 persen dari tahun 2016.

Namun kata dia, walaupun minat masyarakat sudah tinggi dalam menggali informasi, badan publik selaku penyedia informasi terlihat kurang sadar dalam melayani dan memberikan informasi.

“Kalau badan publik sadar terhadap UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, maka sengketa uji akses di Aceh akan semakin menurun, bukan meningkat,” katanya.

Dijelaskannya, sudah puluhan tahun di Indonesia tertutup akan informasi yang wajib diketahui masyarakat.

Pihak KIA juga mengimbau kepada seluruh badan publik untuk lebih efektif dalam memberi pelayanan terhadap masyarakat yang meminta informasi, serta meminta pihak badan publik untuk membentuk Penjabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID).

“Ini perintah undang-undang, jangan tunggu ada sengketa baru diberi informasi dan dibentuk PPID,” tandasnya.

Sumber : www.goaceh.co

Leave a comment

Your email address will not be published.


*