GeRAK Aceh Launching Portal Open Data Sektor SDA

BANDA ACEH – Gerakan Anti Korupsi (GeRAK) Aceh melaunching portal open data (Data Terbuka) sektor sumber daya alam di Aceh, Selasa (22/11). Pelaunchingan portal tersebut dilikakukan oleh komisioner Komisi Informasi Aceh (KIA) Yusran.

Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Anggaran GeRAK Aceh, Fernan mengatakan portal open data tersebut dihadirkan guna menjawab keterbatasan penyajian data dalam bentuk terbuka yang bisa memudahkan masyarakat untuk memperoleh dan menggunakan ulang di Aceh

“Kalau masyarakat ingin mengetahui terkait data sumber daya alam boleh membuka dan melihatnya di portal open data GeRAK yakni www.data.gerakaceh.id,” kata Fernan saat menjelaskan manfaat open data itu.

Fernan menjelaskan, portal open data itu merupakan inisiatif pihaknya sebagai bagian dari masyarakat sipil di Aceh guna mendukung Open Goverment Indonesia (OGI), sehingga seluruh elemen dapat secara terbuka dan bebas digunakan serta dapat didistribusikan oleh siapapun.

“GeRAK Aceh terus mendorong gerakan open data untuk perbaikan tata kelola sumber daya alam di Aceh,” jelasnya.

Launching portal open data GeRAK tersebut dihadiri berbagai unsur pemerintah seperti Dinas Pertambangan dan Energi Aceh (Distamben) , KIA serta juga elemen mahasiswa dan lembaga sosial kemasyarakatan lainnya.

Selain itu, kata Fernan, keterbatasan ketersediaan nya akses data sektor sumber daya alam selama ini menjadi kendala untuk meningkatkan peran dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan.

“Hadirnya portal open data dapat membantu pemerintah serta pihak lainnya dalam memenuhi kebutuhan data serta informasi,” ujar Fernan.

Dirinya berharap, Pemerintah Aceh juga mau melakukan gerakan open data tersebut dilingkungan Satuan Kerja Pemerintah Aceh (SKPA).

Sumber: AJNN.Net

Leave a comment

Your email address will not be published.


*